Ngidam pada ibu hamil kadang menginginkan hal-hal yang tidak biasa. Ada yang ngidam makan pedas, makan es krim, makan manggis, hingga makan ikan kembung. Namun, sebenarnya ibu hamil boleh makan ikan kembung seperti ikan kembung atau tidak?

Pasalnya, Ikan kembung dan makanan laut lainnya disebut-sebut mengandung merkuri yang akan berdampak buruk pada kesehatan ibu dan janin, sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan ini saat hamil. Benarkah demikian?

Bolehkah ibu hamil makan ikan kembung?

Menurut FDA (BPOM-nya Amerika Serikat), ibu hamil boleh makan ikan kembung asalkan makanan tersebut diolah dengan baik atau dimasak hingga matang. Ikan kembung bahkan termasuk salah satu makanan laut yang terbaik untuk dikonsumsi saat hamil. 

Ikan kembung mengandung banyak nutrisi, seperti protein, asam lemak omega-3, vitamin A, vitamin D, dan zat besi. Selain itu, ikan kembung juga relatif rendah kalori dan lemak jenuh. 

Meski ibu hamil boleh makan ikan kembung karena tinggi nutrisi, pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Sebagian besar ahli merekomendasikan ibu hamil untuk tidak mengonsumsi makanan laut lebih dari 170 gram per minggu. 

Kandungan yang komposisinya paling menonjol dalam ikan kembung adalah copper (131% AKG) dan vitamin B12 (479% AKG).

Jika ibu hamil mengonsumsi ikan kembung secara berlebihan, maka akan menyebabkan masalah pencernaan seperti diare dan muntah. Bahkan, akumulasi copper dalam jangka panjang dapat menyebabkan gagal organ.

Manfaat konsumsi ikan kembung

Dalam kategori hewan air bercangkang, ikan kembung adalah salah satu yang paling bernutrisi. Adapun manfaat dari mengonsumsi ikan kembung saat hamil adalah:

1. Kaya asam lemak omega-3

Ikan kembung dapat menjadi sumber omega-3 yang penting untuk ibu hamil. Sangat penting memastikan asupan asam lemak omega-3 tercukupi. Apabila mengalami kekurangan nutrisi jenis ini, bisa terjadi penyakit kulit.

Sebaliknya, dikutip dari American Pregnancy, orang yang mendapat asupan asam lemak omega-3 sesuai kebutuhan dapat menurunkan risiko mengalami penyakit jantung, saraf, peradangan, dan penyakit mata.

2. Memperkuat tulang

Kalsium merupakan faktor penting untuk kesehatan tulang manusia. Tak hanya itu, fosfor juga merupakan mineral yang tak kalah krusial. Daging ikan kembung mengandung fosfor yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang untuk menyangga kandungan dan gigi ibu hamil.

3. Baik untuk otak

Ibu hamil boleh makan ikan kembung juga karena ikan kembung yang satu ini baik untuk perkembangan otak. Daging ikan kembung juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B2, selenium, copper, dan asam lemak omega-3.

Zat-zat ini sangat baik untuk perkembangan otak serta meningkatkan fungsi kognitif sistem saraf. Tak hanya itu, mengonsumsi ikan kembung juga dapat mengurangi risiko radang dan penebalan pembuluh darah.

4. Sumber antioksidan

Kandungan antioksidan dalam ikan kembung juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Zat seperti selenium dan riboflavin dapat mengoptimalkan fungsi sistem imun sekaligus mencegah terjadinya penyakit kronis. Lebih jauh lagi, antioksidan dalam ikan kembung juga dapat menangkal zat radikal bebas yang buruk bagi tubuh.

Itu tadi manfaat mengonsumsi ikan kembung untuk tubuh. Bagi Anda yang ingin membeli ikan kembung dengan kualitas terbaik dan segar dapat membelinya di TaniHub. 

TaniHub merupakan tempat belanja sayur dan buah online terbaik saat ini. Produk yang dijual pun sangat beragam, selain ikan kembung, di TaniHub juga menjual buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako.

Belanja di platform ini pun terbilang sangat mudah, cukup akses websitenya di https://TaniHub.com  atau download aplikasinya di Play Store dan AppStore. Pesan produk yang Anda inginkan, bayar dan tinggal tunggu #dirumahaja, kurir TaniHub akan langsung mengantarkannya.

By Jessica